Jumat, 14 Oktober 2016

Event Bulan Bahasa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan 17 & 18 Oktober 2016

Hai Sahabat Telsa !
Pada bulan Oktober ini kami selaku pengurus OSIS akan menyelenggarakan event Bulan Bahasa. Dalam bulan bahasa kali ini mencakup 4 bahasa, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Jawa dan tentunya bahasa pemersatu bangsa, Bahasa Indonesia.
Dalam event Bulan Bahasa yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 dan 18 Oktober 2016 ini kami telah membuat 9 lomba yang dapat diikuti setiap kelas. Setiap kelas dapat mengajukan anggotanya untuk mengikutii lomba dengan memberikan daftar anggota yang akan mengikuti lomba kepada Panitia Bulan Bahasa. Untuk Jenis Lomba dan Ketentuan Setiap Lombanya adalah sebagai berikut :

Lomba Puisi diikuti setiap kelas, dengan mewakilkan satu orang peserta dan membawakan 1 puisi pada babak penyisihan dan 1 puisi pada babak final.

- Puisi Babak Penyisihan (Jembatan, Karya Sutardji Calzoum Bachri), akan dipilih 10 nominasi peserta yang akan lolos ke babak final.
- Puisi Babak Final (Membaca Tanda Tanda, karya Sapardi Djoko Darmono)
- Seleksi akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2016

Lomba Stand Up setiap kelas mewakilkan satu orang peserta, dengan durasi 5 menit tiap peserta dan diperkenankan memakai alat peraga. Dengan tema “BEBAS”

Lomba Story Telling setiap kelas mewakilkan satu orang peserta dengan membawakan cerita yang bertemakan “Traditional Story (Fable)dan untuk babak final bertemakan “Figure Story” durasi maksimal 5 menit, akan dipilih 8 nominasi terbaik dan akan masuk ke babak selanjutnya. (Tidak diperkenankan membawa teks)

Lomba Mading (Majalah Dinding) diwakili oleh 5-8 orang peserta dengan tema “Indonesian Culture” . Masing-masing peserta wajib membawa peralatan sendiri baik bahan maupun alat.

Lomba Nyinden adalah lomba menyanyikan lagu bahasa jawa yang tiap kelas diwakili oleh satu orang peserta dengan durasi maksimal 5 menit (Diperkenankan membawa teks, dan menggunkan MIDI).

Lomba Komik Manga adalah lomba menggambar komik yang berbentuk anime Jepang di selembar kertas yang menceritakan sebuah cerita. Karakter anime harus membuat sendiri tidak mencontek karakter yang sudah ada (karakter original). Waktu yang diberikan oleh panitia adalah 60 menit. Adapun ketentuan lomba , yaitu :

-  Alat Gambar (pensil, penghapus, dsb.)
-  Kertas Gambar (disediakan panitia)
-  Alat pewarna (apabila diperlukan)
-  Cerita harus selesai dalam 1 lembar ukuran F4


Lomba Cosplay (Costum Play) adalah lomba memperagakan karakter anime Jepang dengan menggunakan kostum yang sesuai dengan karakter tersebut. Kostum dengan ketentuan :

-  Kostum diperbolehkan menyewa
-  Sesuai kreativitas peserta 



Lomba Fotopedia Instagram atau Videografi bersifat Individu dengan foto atau video bertema kegiatan Bulan Bahasa di sekolah. Foto diupload di Instragram ke @WeAreTelsa dan di upload dengan hastag #PBBS2016 #LombaOSIS #WeAreTelsa (Diupload paling lambat 19 Oktober 2016) Pemenang lomba akan di repost di akun @WeAreTelsa

Lomba Aransement Lagu menggunakan 4 bahasa (Jepang, Jawa, Inggris, Indonesia).
Alat musik yg diesediakan panitia :
-  Drum
-  Piano/ keyboard
-  Gitar, Bass
-  Mic

Setelah membaca Jenis Lomba dan Ketentuan Lomba diatas, silahkan kalian segera membicarakan dan membagi anggota kelas yang akan mengikuti lomba, juga mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar dapat tampil bagus, maksimal dan menjadi yang terbaik.


Selamat Mengikuti Event Bulan Bahasa ~!

Hai! Saya Reno Arifigar, seorang Blogger yang juga seorang Tech & Game Enthusiast. Saya sering berbagi di blog pribadi saya : www.renoarifigar.com

Tulis komentar kalian dengan baik dan sopan. SPAM dan komentar tidak baik akan kami hapus.

- IT Section @WeAreTelsa
EmoticonEmoticon